Thursday, February 28, 2019

Fungsi Mengetahui Sejarah Bangsa

Fungsi Mengetahui Sejarah Bangsa

#Oleh: Habib Lutfi bin Yahya.

Sejarah merupakan hal penting bagi suatu bangsa. Sejarah tidak sekedar kronologi kejadian tapi merupakan penggalan kehidupan yang memiliki banyak fungsi dan sarat makna, diantaranya:

Pertama sejarah berfungsi sebagai referensi hidup.

Seseorang yg tdk memahami sejarah diri dan bangsanya akan mudah terombang ambingkan keadaan karena dia tak tahu jejak masa lalu yg bisa dijadikan rujukan dlm menghadapi realitas kekinian.

Akibatnya mrk menelan mentah mentah semua referensi yg diberikan oleh orang lain meskipun tdk ada kaitan hidupnya dan tdk sesuai dg kondisi diri dan konstruksi sosial yg melingkupinya.

Ada beberapa jejak sejarah yg belum terungkap atau cacatan sejarah yg tdk sesuai fakta. Misalnya jejak perjuangan para habaib dalam proses Islamisasi Nusantara dan perjuangan melawan kolonial sampe terbentuknya NKRI kurang banyak diungkap padahal peran dan sumbangan beliau beliau sangat banyak.

Kalau hal ini diungkap akan bisa jadi referensi anak anak sekarang untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan semangat Islam Nusantara.

Para Habaib tempo dulu berjuang dengan menghormati budaya dan tradisi masyarakat pribumi. Mrk menggunakan  atribut budaya lokal sbg sarana untuk menyampaikan ajaran Islam.

Hal ini dilakukan sbg straregi untuk mempermudah komunikasi dan mendekatkan jarak sosial psikologis antara Habaib dg masyarakat Nusantara. Karena hal inilah maka banyak para habaib yg memiliki nama Jawa (Nusantara).

Nama-nama tersebut diantaranya Habib Kuncung di Kalibata Jakarta yang memiliki nama Asli Habib Ahmad bin Alwi al-Haddad, Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus yg lebih dikenal dg sebutan Habib Luarbatang. Sunan Gunung Jati, Sunan Kudus dan lain-lain adalah nama-nama Nusantara dari habaib dari kalangan Walisongo.

Karena kedekatan hubungan sosial inilah akhirnya banyak habaib yg kehilangan  jejak identitas diri. Peleburan identitas diri para habaib juga dimaksudkan untuk menjaga keikhlasan dan kualitas ilmu dan iman. Para habaib ingin masyarakat menghormati seseorang bukan karena keturunan tapi karena kualitas ilmu, amal dan imannya.

Kedua, sejarah berfungsi untuk meningkatkan kebanggan dan rasa percaya diri.

Selama ini kita menjadi bangsa yg minder, baru merasa pede kalau bisa mengutip referensi bangsa lain yg sudah maju.
Padahal sejarah bangsa ini adalah bangsa besar. Tapi karena buta  sejarah kita tdk tahu kebesaran peradaban sendiri sehingga tdk bisa menggali dan mengembangkan beradaban tersebut dalam konteks kekinian.

Wallahu A'lam Bishawab

#alfatihah

No comments:

Post a Comment

SHOLAWAT ADALAH JALAN PINTAS MENUJU MAKRIFATULLAH ...

 SHOLAWAT ADALAH JALAN PINTAS MENUJU MAKRIFATULLAH ... Singkatnya gini: JALAN MENUJU ALLAH سبحا نه و تعالى ADALAH NABI MUHAMMAD ﷺ. DAN JALAN...