Monday, November 6, 2017

SIKAP MURID KEPADA GURU --

-- SIKAP MURID KEPADA GURU --



Imam As Subki hendak pergi ke Negeri Syam naik kuda, di tengah perjalanan beliau melihat ada orang yang sedang berjalan, dan beliau mengetahui bahwa orang tersebut pernah menatap wajah Imam Nawawi (Guru beliau), lalu Imam As Subki turun dari kuda sambil berkata, "Demi Allah aku tidak akan naik ke kuda ini karena ada orang yang pernah menatap wajah Imam Nawawi sebagai rasa ta'dzhimku kepada guruku"

Imam Abu Hanifah berkata, "Aku tidak sholat kecuali setelah sholat aku berdoa memintakan ampun kepada guruku (Imam Hammad) dan keluarganya"

Imam Syafi'i berkata, "Aku membuka lembaran-lembaran kitab di depan guruku dengan sangat pelan agar tidak terdengar lembaran itu ketika dibuka sebagai rasa ta'dzhimku kepada guruku"

Imam Rabi' kawan sekaligus murid Imam Syafi'i berkata, "Aku tidak akan berani minum di depan Imam Syafi'i sebagai rasa ta'dzhimku kepada guruku itu"

Imam Sya'roni mendapatkan ilmu dari Imam Nawawi, "Dulu Imam Nawawi dipanggil gurunya (Syaikh Kamal) untuk makan bersama, lalu Imam Nawawi berkata, 'Maafkan aku guruku, saya tidak bisa makan bersama denganmu karena ada udzur syar'i".
Kemudian gurunya berkata kepada muridnya yang lain, "Apa udzur syar'i dari Imam Nawawi itu ?", salah seorang sahabat Imam Nawawi berkata, "Aku pernah mendengar Imam Nawawi berkata :
'Aku takut mata guruku sudah melihat sebuah lauk yang mau diambil guruku lalu aku mengambil lauk itu padahal guruku menginginkannya' ".

Dulu Imam Nawawi jika keluar untuk belajar untuk mengaji Kitab kepada gurunya, beliau selalu bersedekah semampunya untuk membalas jasa pahala gurunya. Kemudian sepanjang perjalanan itu Imam Nawawi berdoa :

"Ya Allah tutupi atas diriku semua kekurangan guruku, jangan perlihatkan sedikitpun kekurangan itu di depan mataku"

[ Kajian Manhajus Sawi Lil Imam Al Habib Zein bin Ibrahim bin Smith, hal. 218-220 , Oleh Al Habib Mahdi Al Hiyed, Majelis Ahbabul Musthofa Tegal, 06-11-2017 ]

No comments:

Post a Comment

SHOLAWAT ADALAH JALAN PINTAS MENUJU MAKRIFATULLAH ...

 SHOLAWAT ADALAH JALAN PINTAS MENUJU MAKRIFATULLAH ... Singkatnya gini: JALAN MENUJU ALLAH سبحا نه و تعالى ADALAH NABI MUHAMMAD ﷺ. DAN JALAN...